4 Jenis Partisi yang Paling Umum untuk Membagi Ruang

Penyekat ruangan geser, Pintu Lipat Geser, Pintu Lipat Redam, Pintu Lipat Movable, Partisi Gerak Lipat, Partisi Ruangan Lipat

Hadir dalam berbagai bentuk dan material, kita akan dapat dengan mudah menemukan partisi yang sesuai dengan gaya desain interior rumah kita.

Di antara banyaknya jenis partisi yang dapat kita temukan, ada 4 jenis partisi yang paling umum, yang dapat kita gunakan untuk memisahkan ruang.

Dilansir dari thespruce.com, berikut adalah 4 jenis partisi yang paling umum yang akan berguna bagi kamu yang memiliki interior dengan denahopen plan.

  1. Partisi Ruangan Lipat

Partisi lipat adalah pilihan yang terbaik untuk orang yang cukup sering bergerak.

Jika kamu memiliki apartemen atau kondominium dan memutuskan untuk pindah ke tempat tinggal lain, partisi lipat mudah dibawa-bawa karena hanya butuh dilipat dan bisa dimasukkan ke dalam mobil.

Mereka tidak menempel ke tempat tinggal dengan cara apa pun. Perlu diingat bahwa partisi lipat memiliki tapak yang panjang, tetapi lebar.  Partisi tetap atau gantung mungkin hanya setebal 2-4 cm.  Namun, partisi lipat cenderung setebal 30 cm atau lebih saat dibuka. Jika ruang terbatas, jenis partisi ini mungkin tidak cocok untuk rumah kita. Bahkan hanya dengan hembusan angin, pastisi lipat akan mudah jatuh.

Mendorong panel lebih dekat akan dapat membantu memperluas tapak, tetapi ini mungkin tidak dapat dilakukan jika kita memiliki rumah kecil.

  1. Partisi Gantung (Padat)

Beberapa partisi menggantung dari langit-langit, tetapi tidak seperti partisi kain, potongan bidangnya terbuat dari akrilik, resin, kayu ringan, atau bahan padat lainnya.  Sering kali, partisi gantung juga menempel ke lantai untuk mencegahnya bergoyang. Dalam kasus lain, bagian bawahnya dibuat berbobot untuk meredam gerakan. Ini adalah pilihan yang baik untuk pemilik rumah atau penyewa, karena, minimal, mereka membutuhkan dua sekrup yang dipasang di langit-langit.

Beberapa pembatas ruangan terdiri dari panel PVC terpisah, bukan kain. Sebagai alternatif, kita bisa mengaplikasikannya rata ke dinding sebagai hiasan. Satu kelemahan dari partisi gantung adalah ia tidak diam di tempat.  Tidak peduli seberapa berat bagian bawahnya, mereka pasti masih bisa bergerak.

Jika Anda memiliki kipas di langit-langit, gerakan pada partisi ini pun akan menjadi makin parah.

Beberapa pemilik rumah bahkan menemukan cara untuk menambatkan bagian bawah sekat ke lantai untuk mengontrol pergerakan.

  1. Partisi Gantung (Tirai Kain atau Plastik)

Pembatas ruangan yang terbuat dari plastik atau kain sejauh ini bisa jadi merupakan pilihan yang termurah.

Sering kali, partisi ruangan ini memiliki lebar 60 cm atau 130 cm yang dapat digabung untuk membagi ruangan sepanjang yang kita suka.

Dalam kasus lain, mereka membentang sepanjang 2,4 meter, memungkinkan untuk membagi seluruh ruangan dengan dua atau tiga panel.

  1. Rak Buku

Ini adalah satu-satunya partisi yang memiliki fungsi selain membatasi ruang.  Rak buku dapat digunakan untuk menyimpan buku, memajang barang antik, gambar, karya seni, dan bahkan berfungsi sebagai partisi yang baik.

Saat diisi penuh dengan buku, rak buku juga dapat memiliki kemampuan untuk memblokir suara. Pada sisi negatifnya, beberapa partisi bergaya rak buku sangat tinggi bahkan mendekati langit-langit.

Satu-satunya cara untuk memiliki partisi bergaya rak buku yang mencapai langit-langit adalah dengan menempelkannya ke lantai dan langit-langit; pembagi rak buku yang tidak terpasang rentan jatuh.

 

Penyekat ruangan geser, Pintu Lipat Geser, Pintu Lipat Redam, Pintu Lipat Movable, Partisi Gerak Lipat, Partisi Ruangan Lipat