Berbagai Jenis Sliding Door

Penyekat ruangan geser, Pintu Lipat Geser, Pintu Lipat Redam, Pintu Lipat Movable, Partisi Gerak Lipat, Partisi Ruangan Lipat

Sliding door cukup banyak digunakan dan diminati. Namun, apa alasan di balik populernya penggunaan model pintu ini?

Pintu merupakan penghubung sekaligus pembatas antara satu ruangan dengan ruangan lainnya, atau antara area dalam dengan area luar. Dengan fungsinya yang penting tersebut, pintu menjadi salah satu elemen bangunan yang cukup esensial, keberadaannya dibutuhkan.

Nah, membicarakan pintu, banyak jenis dan modelnya saat sekarang. Bahkan model pintu bisa dibedakan sekaligus juga dirancang sesuai dengan gaya desain tertentu.

Salah satunya model pintu engsel. Ini merupakan jenis dan model pintu yang sangat sering kita temui.

Sesuai namanya, pintu engsel menggunakan engsel pada proses pemasangannya. Pintu dapat dibuka tutup dengan cara medorong dan menariknya. Pemasangan engsel membuat pintu dapat bergerak 90 derajat dengan satu tumpuan yang menempel pada kusen.

Seiring perkembangan dan berbagai inovasi dalam dunia desain interior, elemen bangunan yang satu ini juga banyak mengalami perubahan. Saat sekarang terdapat banyak model dan jenis pintu yang dapat dibedakan mulai dari penggunaan materialnya, bentuknya, cara pemasangannya, hingga penggunaannya.

Namun, kita tidak atau belum akan membahas semuanya. Kita akan membahas salah satu jenis pintu yang cukup unik, model pintu geser, atau sliding door.

Apa Itu Sliding Door?

Sliding door merupakan salah satu jenis pintu yang sesuai namanya, penggunaanya dengan cara digeser.

Pintu dapat bergeser karena pada proses pemasangannya dilengkapi dengan rel yang membuat pintu dapat bergerak ke samping.

Pemasangan rel sendiri dapat dilakukan pada bagian atas pintu, dan atau pada bagian bawahnya. Ini dikenal dengan istilah pocket sliding.

Budaya Jepang dan Sliding Door

Tidak dapat dipungkiri pintu geser sering kita temui di rumah-rumah begaya khas Jepang. Penggunaan sliding door menjadi hal lumrah dalam interior arsitektural rumah khas Negeri sakura.

Pintu geser sudah menjadi salah satu budaya yang memiliki makna di Negara Jepang.

Jenis sliding door yang biasa digunakan oleh masyarakat Jepang adalah pintu shoji. Penggunaan pintu shoji bukan hanya menambah kesan elegan interior rumah, lebih dari itu, pintu shoji sudah menjadi bagian sejarah Jepang yang sarat makna.

Jenis Sliding Door

Meski model pintu geser dekat dengan budaya Jepang, tetapi pada akhirnya jenis sliding door terus berkembang dan bervariasi, baik dari penggunaan material hingga bentuknya.

Berikut beberapa di antaranya:

1. Pocket Door

Jenis sliding door ini dipasang rel pada bagian atas yang dilengkapi dengan roda. Sedangkan pada bagian bawah pintu dibuat trek atau coakan. Bagian rel biasanya ditutupi oleh kotak –pelmet box— agar terlihat lebih rapi.

2. Arcadia Door

Merupakan model pintu geser yang menggunakan material kaca. Pemasangannya dipasang sejajar dengan panel. Jenis sliding door ini sering digunakan untuk menjadi pembatas antara area luar dan dalam ruangan.

3. Bypass Door

Biasanya terdiri dari dua daun pintu yang dipasang saling berlawanan arah agar ketika dibuka atau ditutup keduanya saling membelakangi. Bypass door bisa menggunakan rel dan roda atau menggunakan coakan, atau trek daun pintu, baik pada bagian atas atau bawahnya.

4. Shoji Door

Pintu geser khas Jepang yang biasanya dikombinasikan dengan material kayu agar memberikan tampilan natural.

5. Mirrored Door

Pintu geser yang dilengkapi dengan cermin pada salah satu sisinya. Jenis pintu ini dapat memberikan ilusi visual agar ruangan terlihat lebih luas. Mirrored door juga biasa untuk pintu lemari pakaian.

 

Penyekat ruangan geser, Pintu Lipat Geser, Pintu Lipat Redam, Pintu Lipat Movable, Partisi Gerak Lipat, Partisi Ruangan Lipat