Cara Merawat Pintu Kayu di Rumah Anda Agar Awet dan Tahan Lama

Penyekat ruangan geser, Pintu Lipat Geser, Pintu Lipat Redam, Pintu Lipat Movable, Partisi Gerak Lipat, Partisi Ruangan Lipat

Apakah pintu rumah anda terbuat dari kayu? Bila iya maka, bagaimana cara merawat pintu kayu  yang benar? Ketika merawat pintu kayu maka anda harus melakukan perawatan ekstra agar pintu kayu menjadi awet dan tahan lama.

Pintu yang awet dapat membuat anda merasa aman karena kekuatannya masih tidak terkalahkan, sehingga dapat melindungi isi rumah anda. Perawatan untuk pintu kayu rumah harus dilakukan setiap saat agar tidak ada masalah serius seperti rusaknya pintu kayu.

Cara Merawat Pintu Kayu Yang Baik

Cara merawat pintu kayu sangat mudah bila anda mengerti apa yang harus dilakukan. Pintu memang harus dirawat karena kinerjanya sangat berat. Setiap anda keluar masuk rumah maka, anda harus membuka dan menutup pintu. Sering sekali anda melakukan hal tersebut sehingga tidak memperhatikan tanda kerusakan pintu kayu. Berikut ini merupakan cara menjaga pintu kayu dengan gejala kerusakan yang terjadi.

1. Pintu lapuk

Cara merawat pintu kayu yang lapuk bisa dengan cara dikeringkan. Biasanya hal ini sering terjadi pada musim penghujan, karena sifat kayu yang akan lapuk jika sering terkena air atau udara lembab,  oleh karena itu pintu kayu jarang di gunakan untuk jadi pintu kamar mandi. Sebisa mungkin anda mengeringkan pintu kayu tersebut dan membersihkannya. Anda bisa memberikan pelumas yang memiliki sifat water repellen. Oleskan pelumas tersebut keseluruh bagian permukaan pintu kayu anda. Tunggu hingga kering dan dijamin kayu anda bebas dari lapuk.

2. Pintu kayu harus dipernis agar bebas dari kerusakan

Jangan membiarkan pintu kayu rumah biasa saja tanpa pernis sama sekali. Hal tersebut dapat membuat pintu cepat rusak, salah satunya dimakan oleh rayap. Solusinya yaitu dengan melakukan pernis pada pintu kayu anda. Lagipula ada baiknya juga anda melakukan pernis pada pintu rumah, karena akan terlihat semakin bagus dengan kesan serat alami yang semakin tajam.

3. Atas pintu renggang

Masalah merenggang dan menyusutnya pintu sudah biasa dialami oleh semua orang. Bahkan pada saat musim kemarau serta penghujan semua pintu kayu akan mengalami perubahan volume.

Bila pintu kayu sedang merenggang maka, harus mencopot panir kayu dan segera melapisinya dengan menggunakan lem epoxy. Anda bisa melakukan pengepresan pada pintu atau mendempulnya dengan bahan tambahan yang mirip dari jenis kayu yang digunakan.

Itulah beberapa cara merawat pintu kayu yang baik. Jangan menyepelekan pintu kayu karena pintu kayu membutuhkan perawatan yang ekstra sekali. Lakukan beberapa perawatan di atas bila anda mengalami kendala tersebut pada pintu kayu di rumah.

Hal Yang Harus Diperhatikan Pada Cara merawat pintu kayu

Beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam merawat pintu kayu yaitu perlu pengecekan secara rutin. Perhatikan cat dan pelapis yang anda gunakan, seperti tips berikut ini untuk merawat cat pintu kayu agar tahan lama , sebaiknya menggunakan kualitas yang tinggi agar menjaga pintu kayu secara maksimal. Anda harus memastikan bahwa semua bahan yang digunakan untuk melapisi permukaan kayu tahan terhadap air. Tujuannya agar kayu tidak mudah lapuk.

 

Penyekat ruangan geser, Pintu Lipat Geser, Pintu Lipat Redam, Pintu Lipat Movable, Partisi Gerak Lipat, Partisi Ruangan Lipat