Ikuti Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Di Sini!

Penyekat ruangan geser, Pintu Lipat Geser, Pintu Lipat Redam, Pintu Lipat Movable, Partisi Gerak Lipat, Partisi Ruangan Lipat

Pemasangan keramik merupakan salah satu tahapan finishing dalam membangun ataupun renovasi rumah. Cara Menghitung kebutuhan keramik untuk rumah impian memang penting agar hasil akhirnya sesuai dengan ekspektasi. Tahapan ini juga sangatlah penting sebab keramik dapat menunjang kenyamanan dan tampilan rumah kamu secara keseluruhan.

Saat ini, harga material seperti keramik dan pengerjaannya dipatok dengan harga yang beragam sehingga kamu harus cermat dalam melakukan penghitungan. Nah, untuk membantu kamu, terdapat panduan dan cara menghitung kebutuhan keramik agar sesuai kebutuhan dan budget yang kamu miliki.

Dekoruma, aplikasi belanja online furnitur dan aksesoris rumah untuk ciptakan hunian yang nyaman dan estetik. Selain belanja online, kamu juga bisa mewujudkan inspirasi desain rumah impian, mulai dari desain interior, kitchen set, hingga jual beli rumah dan properti lainnya. Semua bisa kamu wujudkan hanya dari genggaman tangan melalui aplikasi Dekoruma!

Persiapan Pemasangan Keramik Rumah

Sebelum melakukan cara menghitung kebutuhan keramik, terdapat beberapa hal yang sebaiknya kamu persiapkan. Pertama, silakan tentukan luas yang akan dipasangkan keramik baik itu pada lantai ataupun dinding.

Dalam menghitung kebutuhan keramik, pastikan juga untuk memilih jenis keramik yang ingin digunakan disesuaikan juga jenis keramik tersebut agar sesuai dengan peruntukannya, apakah itu keramik lantai atau keramik dinding. Selain itu, gunakan juga gambar kerja secara detail sehingga mempermudah kamu dalam menghitung kebutuhan keramik.

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik dengan Luas Lantai Ruangan

Masuk ke tahap cara menghitung kebutuhan keramik selanjutnya, kamu bisa menghitung luas lantai ruangan yang akan dipasangkan keramik. Kamu bisa mengukur panjang dan lebar ruangan, lalu hitung menggunakan rumus yakni L = P x L.

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Per Dus

Umumnya, keramik yang tersedia di pasaran dijual dalam bentuk dus dengan isi dan ukuran keramik yang berbeda-beda. Setelah mengetahui luas lantai ruangan yang akan dipasangkan keramik, menghitung kebutuhan keramik selanjutnya dilakukan dengan menghitung jumlah luas total keramik di dalam satu dus.

Untuk menghitung kebutuhan keramik ini, kamu bisa mengkonversikan satuan cm keramik menjadi meter lalu dibagikan 100. Lalu, kalikan dengan jumlah keping keramik yang terdapat di dalam satu kemasan dus.

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Sesuai Kebutuhan Ruangan

Cara menghitung kebutuhan keramik selanjutnya adalah mengalikan luas lantai dengan luas keramik. Kamu bisa menghitungnya dengan menggunakan rumus jumlah keramik = luas bidang lantai : luas keping keramik.

Sebagai contoh, luas ruangan yang akan dilapisi keramik memiliki ukuran 6 x 6 m dan keramik yang akan digunakan memiliki ukuran 30 x 30 cm dengan isi 20 keping per dus. Maka, perhitungan akhirnya adalah:

  • Luas lantai: 6 x 6 m = 36 m2
  • Konversi ukuran keramik 30 cm = 0,30 m2
  • Luas keramik: 0,30 x 0,30 x 20 = 1,8 m2
  • Kebutuhan keramik: 36 m2 x 1,8 m2 = 64,8.

Tentukan Keramik yang Digunakan

Berdasarkan penghitungan rumus di atas, hasil yang didapatkan adalah 64,8 di mana kamu bisa membulatkannya sehingga pembelian keramik sebanyak 65 dus. Sementara itu, ketersediaan ukuran dan jenis keramik yang tersedia di pasaran sangatlah beragam dan kamu harus menyesuaikan peruntukannya apakah itu untuk dipasangkan di area dalam rumah, area kamar mandi, bahkan area teras.

 

Penyekat ruangan geser, Pintu Lipat Geser, Pintu Lipat Redam, Pintu Lipat Movable, Partisi Gerak Lipat, Partisi Ruangan Lipat