Inilah Fungsi Penggunaan Wall Panel dan Berbagai Jenisnya

Memastikan bangunan dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang merupakan hal yang perlu dipikirkan secara matang saat awal melakukan pembangunan. Namun tidak hanya soal fungsional atau tujuannya saja, tapi juga terkait dengan sisi visualnya, khususnya dalam konteks interior.

Seperti misalnya dinding, yang bukan lagi hanya elemen fungsional untuk membatasi ruang pada suatu bangunan, melainkan juga bagian integral dari desain interior. Maka dari itu, penting dalam memperhatikan dinding seperti apa yang sebaiknya dipilih.

Artikel ini akan membahas secara mendalam apa itu wall panel atau panel dinding, fungsinya, dan berbagai jenis wall panel yang dapat diaplikasikan pada dinding. Baca semuanya hingga selesai di sini!

 

Apa itu Wall Panel?

Wall panel atau panel dinding adalah lembaran material yang dipasang pada dinding sebagai pelapis atau elemen dekoratif. Tujuan utama dalam penggunaan wall panel ialah memberikan tekstur, warna, dan karakteristik khusus pada dinding.

Sebab itu juga, wall panel dapat menjadi solusi untuk memberikan sentuhan estetis dan kepraktisan dalam merancang dinding. Material yang banyak digunakan untuk wall panel sangat bervariasi, termasuk kayu, PVC, MDF, polystyrene, dan banyak lagi.

Fungsi dan Kegunaan Wall Panel

Selain sebagai pelapis dekoratif, nyatanya wall panel masih memiliki fungsi dan kegunaan lainnya. Berikut beberapa di antaranya.

Estetika

Secara estetika, wall panel akan memberikan dimensi visual yang unik pada dinding. Panel dinding dapat memberikan tampilan yang mewah, modern, atau bahkan klasik, tergantung pada pilihan desain dan materialnya

Isolasi Termal dan Akustik

Beberapa jenis wall panel dapat memberikan isolasi termal dan akustik yang baik. Pemasangan panel dinding akan membantu menjaga suhu ruangan dan meredam suara, serta menciptakan ruangan yang lebih nyaman.

Proteksi Dinding

Terakhir, wall panel ternyata juga dapat berfungsi sebagai lapisan “pelindung” untuk dinding. Panel yang digunakan akan melindungi dinding dari kelembaban, noda, hingga kerusakan fisik yang mengakibatkan perlunya penanganan setelahnya.

Penyekat ruangan geser, Pintu Lipat Geser, Pintu Lipat Redam, Pintu Lipat Movable, Partisi Gerak Lipat, Partisi Ruangan Lipat