Inilah Solusi Bocor Di Pertemuan Atap Dan Dinding

Penyekat ruangan geser, Pintu Lipat Geser, Pintu Lipat Redam, Pintu Lipat Movable, Partisi Gerak Lipat, Partisi Ruangan Lipat

Anda wajib mengetahui solusi bocor di pertemuan atap dan dinding untuk mengatasi masalah kebocoran yang terjadi pada rumah saat musim hujan tiba. Kebocoran pada rumah Anda harus segera diperbaiki agar tidak menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

Kebocoran yang terlalu lama dibiarkan akan membuat kerusakan lain pada komponen rumah, seperti plafon yang berjamur, warna cat yang memudar, dan estetika rumah yang rusak. Bocor pada rumah juga mengakibatkan ruangan menjadi lembap sehingga kurang baik untuk kesehatan penghuni rumah.

Maka dari itu, masalah kebocoran pada rumah harus benar-benar diperhatikan, terutama pada pertemuan atap dan dinding.

Melalui artikel ini, Kami akan mencoba menjelaskan kepada Anda mengenai solusi mengatasi kebocoran pada rumah, khususnya di pertemuan atap dan dinding. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Penyebab Atap Bocor?

Sebelum kita membahas solusinya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja yang dapat menyebabkan kebocoran pada rumah. Jika Anda mengetahui sumber masalah kebocoran pada rumah, proses perbaikan menjadi lebih mudah dilakukan.

Berikut ini adalah beberapa penyebab kebocoran pada rumah yang perlu Anda ketahui.

1. Kerusakan pada Genting

Kerusakan pada genting adalah hal utama yang menyebabkan kebocoran pada rumah. Genting yang sudah lama dipasang makin rapuh sehingga menyebabkan keretakan. Keretakan inilah yang akhirnya membuat air mudah masuk sehingga mengakibatkan kebocoran.

2. Pergeseran Genting

Genting yang dipasang dengan cara yang kurang baik bisa bergeser atau melorot. Pergeseran genting ini akan membuat celah pada atap. Ketika celah ini terlalu besar, maka air hujan yang turun akan masuk ke dalam rumah dengan mudah dan menyebabkan kebocoran.

3. Talang Air yang Tersumbat

Penyumbatan pada talang air terjadi karena adanya penumpukan kotoran seperti dedaunan dan ranting. Talang air yang tersumbat akan membuat genangan air di atap rumah. Lambat laun, genangan air ini akan masuk kedalam rumah melalui celah berupa retakan dan menyebabkan kebocoran.

4. Keretakan pada Kerpus 

Kerpus merupakan bagian yang menghubungkan nok dan genting pada puncak atap rumah. Kerpus ini terbuat dari campuran adonan pasir dan semen. Pemasangan kerpus yang kurang baik akan menyebabkan keretakan di kemudian hari. Keretakan pada kerpus ini akan membuat air hujan merembes kedalam rumah sehingga mengakibatkan terjadinya kebocoran.

Apa Solusi Bocor di Pertemuan Atap dan Dinding?

Kebocoran pada pertemuan atap dan dinding sudah sering terjadi. Alasannya, menyatukan atap dan dinding memang tidak mudah dan perlu ketelitian yang cukup tinggi.

Namun, tidak perlu khawatir, karena kami akan memberikan solusinya untuk Anda. Berikut adalah solusi mengatasi kebocoran pada atap dan dinding yang bisa Anda coba.

1. Memasang Talang 

Anda bisa mengatasi kebocoran pada pertemuan atap dan dinding dengan melakukan pemasangan talang di bawah lapisan penutup atap. Pemasangan talang ini sebaiknya dibuat saling bertumpukan minimal 10 cm.

Setelah talang berhasil terpasang, tutup bagian tersebut menggunakan lapisan campuran semen, pasir, dan air dengan perbandingan 1:2:3. Pastikan pemasangan lapisan atap tertutup rapat dan tidak ada celah.

2. Lapisi dengan Cairan Waterproof

Pertemuan atap dan dinding yang mengalami kebocoran bisa diperbaiki dengan memberikan lapisan cairan waterproof. Cairan waterproof ini akan mencegah air merembes masuk kedalam rumah dan mencegah kebocoran.

Pilihlah cairan waterproof yang memiliki tingkat ketahanan yang tinggi dan bisa digunakan pada setiap jenis atap rumah. Pemasangan cairan waterproof juga harus diperhatikan. Pastikan cuaca sedang cerah agar cairan waterproof bisa merekat dengan baik sehingga memberikan perlindungan maksimal pada atap rumah Anda.

3. Lakukan Penambalan Dengan Sealant

Untuk mengatasi kebocoran pada pertemuan atap dan dinding, Anda juga bisa menggunakan sealant untuk menambalnya. Namun, perlu diingat bahwa penambalan dengan sealant ini dianjurkan apabila penyebab kebocorannya berupa keretakan halus pada atap.

Langkah penggunaannya bisa dilakukan sebanyak dua kali. Pertama, aplikasikan sealant secukupnya pada retakan dan tunggu hingga kering. Kemudian, aplikasikan lapisan kedua di atasnya agar retakan dapat benar-benar tertutup.

4. Lakukan Penggantian Genting 

Genting adalah bagian pada atap rumah yang selalu terpapar oleh perubahan cuaca. Perubahan cuaca ekstrem seperti panas dari terik matahari dan guyuran air hujan yang lebat dapat membuat genting mengalami penyusutan atau pemuaian. Perubahan tersebut membuat genting rapuh dan membuat air merembes masuk lalu menyebabkan kebocoran pada atap rumah.

Jadi, untuk mengatasi kebocoran pada pertemuan atap dan dinding, Anda bisa mengganti genting yang merembes tersebut dengan genting baru. Genting yang digunakan harus berkualitas baik agar lebih awet.

5. Memasang Lapisan Plastik atau Terpal

Solusi terakhir yang bisa Anda coba untuk memperbaiki kebocoran pada pertemuan atap dan dinding adalah dengan melakukan pemasangan lapisan plastik atau terpal. Lapisan plastik atau terpal ini dipasang di bawah atap untuk menutup pori-pori agar tidak mudah rembes.

Lapisan plastik atau terpal yang digunakan harus yang tebal agar tidak mudah rusak sehingga kebocoran yang terjadi bisa dicegah dalam waktu yang cukup lama.

 

Penyekat ruangan geser, Pintu Lipat Geser, Pintu Lipat Redam, Pintu Lipat Movable, Partisi Gerak Lipat, Partisi Ruangan Lipat