Jendela Kamar Tidur; Hal-hal yang Harus Diperhatikan dan Dipertimbangkan

Penyekat ruangan geser, Pintu Lipat Geser, Pintu Lipat Redam, Pintu Lipat Movable, Partisi Gerak Lipat, Partisi Ruangan Lipat

Untuk menciptakan kamar tidur yang sehat, terutama berhubungan dengan keberadaan jendela, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan ketika mendesainnya.

Jendela merupakan salah satu elemen bangunan yang berfungsi sebagai bukaan, tempat masuknya cahaya dan juga sirkulasi udara. Jendela termasuk ke dalam syarat membangun rumah sehat. Jendela sangat penting peranannya.

Sebuah rumah idealnya memiliki jendela sebagai bukaan keluar masuknya udara. Selain itu, jendela juga membuat kita tetap dapat terhubung dengan dunia luar.

Jendela dapat diterapkan pada setiap ruang di dalam rumah, hanya saja ukuran dan posisinya yang harus disesuaikan, dengan pertimbangan privasi dan keamanan.

Misalnya pemasangan jendela di ruang tamu dan kamar mandi tentu saja bisa berbeda.

Jendela di ruang tamu, kita bisa memasang bukaan sebesar-besarnya. Berbeda dengan kamar mandi yang harus disesuaikan ketinggian dan ukurannya agar tetap aman.

Selain kedua ruangan tersebut, kamar tidur juga merupakan tempat yang biasanya dilengkapi dengan jendela. Kamar tidur sangat membutuhkan sirkulasi udara dan pencahayaan yang cukup. Karena jika tidak, kamar tidur akan terasa pengap dan lembab.

Terjadinya pelapukan dan pertumbuhan jamur sangat berisiko jika ruangan lembab.

Nah, untuk menciptakan kamar tidur yang sehat, terutama berhubungan dengan keberadaan jendela, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan ketika mendesainnya.

Memerhatikan Arah Cahaya

Jendela yang merupakan saluran masuk cahaya, dalam pembuatannya tentu kita harus memerhatikan arah masuknya cahaya tersebut.

Dengan begitu, pencahayaan akan terasa lebih maksimal dan menjamin ruangan bakalan terasa lebih sehat.

Jendela yang menghadap ke arah timur akan mendapatkan sinar matahari maksimal saat pagi hari. Sementara saat sore hari, pencahayaan akan terasa lebih maksimal dengan keberadaan jendela yang menghadap ke arah barat.

Di samping itu, jangan lupakan model atau bentuk jendela.

Model atau bentuk jendela horizontal bisa membuat cahaya memasuki ruangan secara lebih merata.

Menyesuaikan dengan Pemandangan Luar

Ketika melihat keluar jendela, tentu Anda menginginkan mendapatkan pemandangan yang indah, atau setidaknya nyaman untuk dilihat.

Posisi penempatan jendela sangat penting dalam hal ini. Jangan sampai jendela menghadap tembok bangunan, atau menghadap view yang kurang enak dilihat.

Meski saat ini kondisinya semakin padat penduduk, dan rumah semakin rapat, tetapi posisi jendela luar harus tetap diperhatikan. Ingat, keberadaan jendela sangatlah penting.

Memerhatikan Keamanan

Mengingat jendela langsung terhubung ke arah luar, kita harus memerhatikan faktor keamanannya. Pencurian sering kali menggunakan bukaan ini sebagai jalan masuknya.

Dus, penggunaan besi teralis bisa digunakan sebagai tindakan antisipasi.

Selain itu, keamanan privasi juga menjadi hal lainnya yang harus diperhatikan. Anda bisa menambahkan tirai, atau sejenis roller blind agar area dalam tidak langsung terekspos dan terlihat dari arah luar.

Menentukan Desain Jendela Kamar Tidur

Jendela memiliki fungsi, juga nilai estetika pada kamar tidur. Dus, jangan remehkan model dan desain jendela.

Selain sebagai saluran sirkulasi, jendela berfungsi sebagai tambahan estetika interior arsitektural yang tidak kecil pengaruhnya. Dengan desain jendela kamar yang tepat, interior kamar bisa tampil cantik dan tentu saja fungsional.

Terdapat beberapa desain jendela kamar tidur yang bisa coba Anda terapkan dan sesuaikan dengan gaya desain kamar tidur.

Apakah itu model jendela minimalis, desain jendela ala gaya klasik, ala rustic, atau lainnya.

 

Penyekat ruangan geser, Pintu Lipat Geser, Pintu Lipat Redam, Pintu Lipat Movable, Partisi Gerak Lipat, Partisi Ruangan Lipat