Kelebihan dan Kekurangan Sliding Door

Penyekat ruangan geser, Pintu Lipat Geser, Pintu Lipat Redam, Pintu Lipat Movable, Partisi Gerak Lipat, Partisi Ruangan Lipat

Sliding door cukup banyak digunakan dan diminati. Namun, apa alasan di balik populernya penggunaan model pintu ini?

Jangan lupakan juga pertimbangan apa saja yang harus dipikirkan saat akan menggunakan jenis pintu ini?

Salah satu kelebihan dari model pintu geser adalah perpindahannya dengan cara digeser membuat kita tidak perlu memperhitungkan jarak bukaan pintu seperti ketika menggunakan engsel. Ini menjadikan ruangan bisa terasa lebih luas.

Kelebihan Penggunaan Sliding Door

  • Menjadi Dinding Partisi

Pintu geser, selain menjadi pintu juga dapat menjadi dinding partisi. Hal ini disebabkan karena pada pembuatannya dapat dibuat dengan ukuran besar sehingga menyerupai dinding partisi.

Meski tidak dapat dipindahkan, atau portabel, tetapi penggunaan sliding door sebagai penghubung antar ruang sekaligus partisi sering ditemui.

Tipsnya, jika kita ingin membuat partisi transparan, kita bisa memilih material kaca untuk pintu ini yang dilengkapi dengan frame berbahan alumunium.

  • Menghemat Ruang

Kelebihan sliding door ini sering menjadi alasan utama kenapa banyak orang menggunakannya.

Seperti yang disebutkan sebelumnya,penggunaan pintu geser tidak perlu untuk memperhitungkan jarak bukaan pintu. Berbeda dengan model pintu engsel, kita harus menyiapkan jarak untuk pintu ketika dibuka atau ditutup.

Ini menjadi poin plus jika memiliki ruangan dengan luasan yang terbatas.

Kekurangan Penggunaan Sliding Door

  • Proses Pemasangan yang Relatif Sulit

Tidak seperti pintu engsel, sliding door memiliki kesulitan tersendiri saat memasangnya. Diperlukan ukuran yang presisi antara rel dan daun pintu agar keduanya terpasang dengan baik.

Terutama untuk sliding door tanpa roda, biasanya dibuatkan coakan pada lantai dan bagian atas pintu sebagai rel daun pintu. Ukuran coakan harus sesuai dengan daun pintu, jangan sampai terlalu kecil karena pintu tidak akan bergeser dan macet. Pun begitu sebaliknya, jika terlalu besar, maka pintu tidak akan terpasang dengan baik.

  • Terasa Berat jika Salah Memilih Material

Dengan kita harus menggeser daun pintu, ini akan terasa cukup berat dan membutuhkan tenaga ekstra jika pintu terbuat dari material yang memiliki bobot berat. Apalagi jika ditambah ukuran daun pintu yang tinggi dan lebar.

 

Penyekat ruangan geser, Pintu Lipat Geser, Pintu Lipat Redam, Pintu Lipat Movable, Partisi Gerak Lipat, Partisi Ruangan Lipat