Memilih Bahan Material Terbaik untuk Dapur

Penyekat ruangan geser, Pintu Lipat Geser, Pintu Lipat Redam, Pintu Lipat Movable, Partisi Gerak Lipat, Partisi Ruangan Lipat

Dapur adalah salah satu ruangan penting yang tak boleh Anda lewatkan dalam sebuah bangunan rumah. Keberadaannya dapat berperan penting dalam menjaga keharmonisan keluarga. Oleh karena itu, Anda perlu mendesain ruang dapur yang nyaman sehingga bisa dimanfaatkan secara optimal untuk menciptakan kreasi makanan yang enak dan menggugah selera.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan dalam menciptakan suasana dapur nyaman adalah pemilihan material. Penggunaan material yang tepat dapat memunculkan kesan ruangan yang nyaman dan estetis. Di waktu yang sama, Anda juga perlu mempertimbangkan aspek keamanan. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari berbagai risiko kejadian tak diinginkan.

Rekomendasi Material untuk Dapur yang Cocok saat Renovasi Rumah

Berkaitan dengan pemilihan material untuk dapur, ada beberapa rekomendasi yang bisa Anda pertimbangkan sebagai berikut:

1. Solid Surface

Rekomendasi yang pertama adalah material solid surface. Material ini merupakan bahan sintetis yang dibuat dari campuran antara resin dan akrilik. Pemakaian material solid surface dapat menimbulkan kesan ruang dapur yang unik. Apalagi, tersedia pilihan pola, warna, serta motif yang beragam. Dengan begitu, Anda bisa secara bebas mengonsep ruang dapur sesuai selera.

Hanya saja, Anda perlu memperhatikan beberapa kekurangan ketika menggunakan material solid surface. Material ini mempunyai harga yang relatif mahal. Jadi, Anda perlu anggaran yang cukup besar untuk menggunakannya. Selain itu, solid surface memiliki sifat rentan terhadap goresan karena tidak ada sambungan nat.

2. Keramik

Keramik adalah pilihan material untuk dapur yang sangat populer bagi masyarakat Indonesia. Dibandingkan dengan material lain, harga keramik relatif terjangkau. Selain itu, Anda juga dapat menemukan berbagai pilihan motif dan warna. Proses pemasangannya juga relatif mudah, bahkan Anda bisa melakukannya sendiri.

Hanya saja, keramik memiliki beberapa kelemahan yang perlu Anda cermati. Keramik adalah material yang relatif gampang kotor. Oleh karena itu, ruangan dapur terlihat jadi tidak higienis. Selain itu, Anda juga berhadapan dengan risiko bagian ujung keramik yang tidak terpasang dengan rapi.

3. HPL

Kalau Anda punya anggaran renovasi rumah yang terbatas, pertimbangkan untuk menggunakan material high pressure laminate (HPL). Material ini terbuat dari bahan serat kayu yang berbentuk lembaran padat, keras, dan bertekstur. Dibandingkan dengan material lain, HPL adalah bahan yang bisa Anda dapatkan dengan murah.

HPL kerap digunakan sebagai finishing untuk produk furnitur. Meski begitu, Anda bisa pula menggunakan material ini untuk dapur. Hanya saja, ada beberapa kekurangan yang perlu Anda perhatikan, termasuk di antaranya adalah sifatnya yang takut air, rentan panas, serta sistem pemasangan menggunakan lem yang gampang terlepas.

4. Granit

Kalau ingin ruangan dapur yang cantik dan mewah, granit adalah pilihan material yang tepat. Granit adalah material yang memiliki tingkat kekuatan sangat tinggi, jadi bisa tahan lebih lama. Selain itu, proses pemasangan granit relatif mudah dan berlangsung singkat.

Namun, Anda perlu menyiapkan anggaran besar kalau ingin menggunakan granit untuk area dapur. Selain itu, granit merupakan material yang rentan terhadap noda. Kalau tidak segera dibersihkan, noda bisa secara langsung menyerap ke pori-pori granit.

5. Stainless Steel

Rekomendasi material untuk dapur yang terakhir adalah stainless steel. Material ini kerap jadi pertimbangan utama di hotel serta restoran. Alasan utamanya adalah karena stainless steel menawarkan kesan dapur yang higienis dan gampang dibersihkan. Selain itu, stainless steel merupakan material yang awet, anti karat, serta tahan panas.

Meski kerap digunakan di dapur komersial, Anda bisa pula memilih untuk memanfaatkan stainless steel sebagai material di dapur rumah. Hanya saja, pemakaian material ini bakal memunculkan kesan dapur rumah layaknya dapur umum. Selain itu, Anda juga perlu tenaga profesional untuk melakukan pemasangannya.

Nah, itulah rekomendasi material yang bisa Anda pilih untuk mempercantik suasana ruangan dapur. Anda bebas melakukan pemilihan material sesuai dengan selera masing-masing.

 

Penyekat ruangan geser, Pintu Lipat Geser, Pintu Lipat Redam, Pintu Lipat Movable, Partisi Gerak Lipat, Partisi Ruangan Lipat