Pintu Kayu: Karakter dan Inspirasi Desain-nya untuk Rumah

Penyekat ruangan geser, Pintu Lipat Geser, Pintu Lipat Redam, Pintu Lipat Movable, Partisi Gerak Lipat, Partisi Ruangan Lipat

Dalam mendesain sebuah hunian, pintu tentu saja menjadi elemen yang sangat penting. Tak hanya menjadi jalur masuk ke dalam rumah, pintu juga berfungsi sebagai sirkulasi antar ruang. Pintu juga merupakan pembatas atau pemisah antara ruang publik dan ruang pribadi, serta menjadi pelindung isi rumah dari hal yang tidak diinginkan. Ada banyak jenis material pintu rumah yang bisa dipilih, mulai dari kayu, besi, kaca, baja, aluminium, fiberglass, hingga PVC.

Setiap jenis bahan tentunya memiliki keunggulan masing-masing dari segi daya tahan hingga estetika. Dari begitu banyak bahan pintu, kayu menjadi salah satu yang paling menjadi favorit. Ingin memilih pintu kayu? Ketahui dulu hal-hal berikut ini.

Karakter Pintu Berbahan Kayu

Kayu merupakan material yang paling umum digunakan untuk pintu. Selain mudah ditemukan, pintu dengan jenis bahan kayu memiliki berbagai macam finishing menarik yang bisa menambah nilai estetika pada sebuah rumah. Pintu yang terbuat dari kayu juga dikenal memiliki kualitas yang tinggi dan tahan terhadap benturan serta tekanan.

Namun sayangnya, pintu dari bahan kayu cukup mudah terserang hama karena sifat utama kayu yang merupakan makanan utama serangga. Selain itu, kayu juga sensitif terhadap udara lembab sehingga mudah rapuh apabila sering terkena air.

Inspirasi Desain Pintu Kayu untuk Rumah

Ada beberapa model atau desain pintu berbahan kayu yang bisa jadi pilihan terbaik untuk rumah Anda. Kenali inspirasinya di bawah ini!

1. Pintu Klasik

Gaya desain pintu yang satu ini merupakan gaya yang paling umum dan populer digunakan, terutama di Indonesia. Bentuk pintu ini umumnya terdiri dari panel persegi dengan kombinasi yang variatif, terkadang dikombinasikan dengan kaca. Desain klasik seperti ini juga cocok digunakan pada gaya hunian apa saja, mulai dari klasik, mediterania, dan minimalis.

2. Pintu Ukir

Pintu ukir yang biasanya dibuat oleh pengrajin ini merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin menghadirkan kesan etnik pada hunian. Pintu tipe ini juga banyak digunakan pada cottage atau villa di beberapa kawasan liburan karena kesan natural yang diciptakan. Walaupun bisa memberikan kesan mewah dan eksklusif pada rumah, pintu ukir membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pengerjaannya dan tentu membutuhkan biaya yang lebih mahal dibandingkan pintu pada umumnya. Kombinasikan pintu ukir ini dengan furniture ukir atau berbahan natural lainnya.

3. Pintu Bercat Putih

Tak ingin ruangan terkesan sempit? Cat saja pintu berbahan kayu Anda dengan warna putih. Warna putih dapat memberikan kesan bersih, tenang dan menyejukkan pada ruangan sehingga bisa membuat ruangan terkesan lebih luas. Perpaduan pintu putih dengan flooring kayu dapat membuat rumah terkesan lebih nyaman dan sejuk. Tampilan pintu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memberikan tampilan minimalis pada ruangan.

4. Pintu dengan Kaca

Desain pintu yang satu ini juga bisa memberikan kesan lapang pada hunian. Aksen kaca dengan frame pintu dari kayu ini bisa memberikan gaya modern dan klasik pada rumah Anda. Anda bisa menggunakan pintu dengan kaca bening atau juga menggunakan kaca es yang bisa memberikan privasi lebih pada hunian. Pintu dengan desain ini cocok digunakan pada ruang keluarga, pintu depan, atau bahkan pintu kamar mandi.

5. Pintu dengan Model Flush

Pintu dengan model flush merupakan salah satu model pintu yang sangat populer. Pintu flush merupakan pintu dengan permukaan polos di kedua sisinya. Pintu flush dibuat dengan menempelkan dua lapisan kayu pada tiap sisinya. Terkadang saat diketuk pada bagian tengahnya, Anda akan menemukan pintu yang terdengar kosong. Walaupun bahan kayu cenderung berat, namun pintu flush bisa menjadi altenatif bagi Anda yang menginginkan pintu kayu yang tidak terlalu berat saat diayun.

6. Pintu Geser

Desain pintu geser bisa menjadi solusi cerdas bagi Anda yang ingin menghemat ruang. Pintu geser bisa dibuat dengan gaya dan material apapun. Selain sebagai pintu utama, pintu geser juga bisa dimanfaatkan sebagai partisi ruangan untuk area yang ingin dipisahkan menggunakan partisi sementara. Namun, untuk menggunakan pintu geser Anda harus memastikan rel yang digunakan tidak macet dan selalu dalam kondisi baik.

Ingin menggunakan gaya pintu kayu mana untuk hunian Anda? Anda bisa mengombinasikan antara desain, bukaan, dan model terbaik yang sesuai dengan luas ruangan serta kebutuhan Anda.

 

Penyekat ruangan geser, Pintu Lipat Geser, Pintu Lipat Redam, Pintu Lipat Movable, Partisi Gerak Lipat, Partisi Ruangan Lipat