Tips dan Trik Menjaga Keamanan Rumah Sebelum Liburan

Penyekat ruangan geser, Pintu Lipat Geser, Pintu Lipat Redam, Pintu Lipat Movable, Partisi Gerak Lipat, Partisi Ruangan Lipat

Dalam rangka menyambut akhir tahun, ada banyak orang yang pergi berlibur bersama keluarga. Kebetulan anak-anak libur sekolah dan orangtua pun bisa menghabiskan sisa cuti tahunan dengan tenang. Kalau sudah liburan keluarga seperti ini, kebanyakan rumah akan ditinggalkan dalam keadaan kosong. Biasanya rumah kosong menjadi lebih rawan mengalami kerusakan atau bahkan kemalingan.

Nah, supaya kamu bisa menikmati liburan dengan tenang, sebaiknya pastikan kondisi rumah kamu sudah aman ditinggal tanpa penghuni dalam waktu lama. Lalu, apa saja yang perlu dicek? Setidaknya, ada 6 bagian rumah yang wajib diperhatikan. Yuk, simak ulasan lengkapnya bersama Kania di bawah ini!

Dekoruma, aplikasi belanja online furnitur dan aksesoris rumah untuk ciptakan hunian yang nyaman dan estetik. Selain belanja online, kamu juga bisa mewujudkan inspirasi desain rumah impian, mulai dari desain interior, kitchen set, hingga jual beli rumah dan properti lainnya. Semua bisa kamu wujudkan hanya dari genggaman tangan melalui aplikasi Dekoruma!

Cek Kondisi Atap Sebelum Liburan

Akhir tahun berarti curah hujan akan meningkat. Oleh karena itu, pastikan kondisi atap rumah kamu masih kuat dan tidak ada kebocoran. Kalaupun ada kebocoran atau kerusakan, segera lakukan perbaikan! Supaya lebih maksimal, kamu bisa melapisi atap dengan cat anti bocor agar tidak rembes. Kamu tidak mau, ‘kan, begitu pulang liburan malah mendapatkan rumah banjir dan barang-barang jadi rusak karena terkena air?

Periksa Pipa dan Saluran Air

Pipa air yang mengalami kebocoran juga perlu segera diperbaiki. Meski bocornya hanya sedikit, tapi jika dibiarkan bisa membuat tagihan air jadi membengkak. Di saat yang mendesak, sebaiknya kamu matikan saja aliran air selama liburan.

Begitu pula dengan saluran air. Sebelum pergi liburan, bergotong royong lah bersama anggota keluarga lainnya untuk membersihkan saluran air tersebut. Terutama yang ada di area atap dan taman rumah. Saluran air yang bersih akan membuat air mengalir dengan sempurna sehingga tidak menggenang di area rumahmu selama liburan dan hari-hari berikutnya.

Pasang CCTV Sebelum Liburan

Berkat kecanggihan teknologi, kamu dapat memantau kondisi rumah saat ditinggal liburan kapan saja hanya menggunakan CCTV dan internet. Pasanglah CCTV di dekat pagar dan beberapa titik di dalam rumah, khususnya yang menjadi tempat penyimpanan barang berharga. Pilih kamera CCTV yang memiliki wide angle.

Kemudian, pertimbangkan kemudahan mengakses rekaman CCTV tersebut. CCTV modern kebanyakan sudah terhubung dengan aplikasi khusus sehingga pemiliknya bisa memantau rumah lewat CCTV melalui smartphone secara real time.

Pertimbangkan Fitur Smart Home Untuk Liburan

Kamu juga perlu mempertimbangkan instalasi fitur smart home pada rumah sebelum pergi liburan dalam waktu lama. Fitur smart home ini memungkinkan kamu untuk mengontrol beberapa perangkat rumah tangga dari jauh dengan modal internet dan smartphone.

Salah satu fitur yang paling berguna adalah pengontrol lampu. Pada siang hari, matikan lampu eksterior. Sebaliknya, di malam hari nyalakan lampunya. Dengan demikian, kamu dapat menciptakan kesan seolah-olah rumah ini tidak ditinggal tanpa penghuni.

Perhatikan Kondisi Listrik Beserta Perangkatnya

Sudah ada banyak kasus di mana rumah yang ditinggal liburan mengalami korsleting listrik. Hal tersebut bisa memicu kebakaran. Sebagai tindak pencegahan kebakaran ataupun korsleting, periksalah kondisi listrik di rumah. Misalnya dengan mengecek apakah ada kabel yang terkelupas atau berpotensi terkena cipratan air.

Pada hari keberangkatan liburan, cabutlah perangkat elektronik yang tidak diperlukan. Mulai dari televisi, blender, AC, water heater, dan sebagainya. Bila akan liburan dalam waktu lama, kamu perlu mencabut kulkas dan gunakan bahan masakan yang tersisa sehari sebelumnya.

 

Penyekat ruangan geser, Pintu Lipat Geser, Pintu Lipat Redam, Pintu Lipat Movable, Partisi Gerak Lipat, Partisi Ruangan Lipat