PARTISI RUANG TAMU MINIMALIS, SOLUSI SEKAT RUANGAN YANG HEMAT

Penyekat ruangan geser, Pintu Lipat Geser, Pintu Lipat Redam, Pintu Lipat Movable, Partisi Gerak Lipat, Partisi Ruangan Lipat

Menggunakan dinding sebagai sekat ruangan tentunya akan membuat rumah menjadi lebih sempit.

Apalagi jika Anda memiliki rumah yang ukurannya lebih kecil, untuk menyekat beberapa ruangan dengan dinding pastinya akan menghabiskan ruang. Saat ini banyak rumah yang sempit memanfaatkan partisi sebagai sekat ruangan.

Sekat dari partisi paling banyak digunakan untuk memisahkan antara ruang tamu dan keluarga. Biasanya ruang tamu dan ruang keluarga pada rumah yang luas tanahnya sempit tidak diberikan sekat.

Khususnya pada rumah-rumah yang dibangun di perumahan. Oleh karena itu pemilik rumah harus membuat sekat sendiri untuk memisahkannya.

Fungsi dari partisi sendiri bukan sekedar menyekat ruangan, tetapi juga bisa digunakan sebagai elemen dekoratif dan tempat penyimpanan khusus.

Anda juga bisa memasang partisi permanen atau partisi geser yang bisa diubah bentuknya sewaktu-waktu ingin membuat ruangan tampak lebih luas lagi.

Pembuatan partisi sendiri ini justru lebih menguntungkan, karena Anda bisa menentukan model dan bahannya sesuai dengan bujet. Saat ini untuk membuatnya Anda bisa menyerahkannya kepada jasa partisi ruang tamu yang akan membantu pembuatan hingga finishing.

Sebelum memesan partisi sebaiknya kenali dulu bahan-bahan apa yang biasa digunakan untuk membuatnya. Anda juga perlu melihat material ini dari segi kelebihan dan kekurangannya.

Baik dari segi harga, keawetan hingga perawatan karena pastinya Anda ingin mendapatkan partisi yang tahan lama bukan?

Setidaknya ada empat material partisi yang bisa Anda pilih. Masing material ini perlu Anda ketahui sebelum memilihnya.

1. PARTISI DARI KAYU

Kayu adalah material yang paling umum digunakan, baik itu kayu solid atau kayu buatan seperti plywood, MDF, atau multiplek.

Keuntungan menggunakan partisi kayu adalah tampilannya bisa untuk desain ruangan modern hingga klasik atau tradisional. Kayu juga merupakan material yang paling murah khususnya plywood.

Baca Juga  Ini Cara Mengetahui Ukuran Pipa Pvc Dengan Benar & Akurat

Kekurangan dari material ini adalah perawatannya yang cukup tinggi. Anda mungkin harus melakukan refinishing setiap satu tahun sekali supaya tampilannya awet.

Kayu juga tidak tahan terhadap serangan jamur atau rayap. Jadi berhati-hatilah jika rumah Anda bocor dan mengenai partisi karena akan mudah rusak.

 

2. PARTISI DARI GYPSUM

Material lain yang banyak digunakan untuk partisi ruang tamu adalah gypsum. Kelebihan material ini adalah tahan terhadap api serta elastis sehingga proses pemasangannya sangat kurang.

Kelebihan partisi gypsum adalah bahan ini juga termasuk awet dan bisa digunakan selama bertahun-tahun.

Kekurangannya adalah tidak tahan terhadap air karena mudah untuk lapuk. Jika ingin menggunakan gypsum sebagai partisi ruang tamu akan lebih untuk menjaga ruangan tetap kering, namun saat ini ada jenis partisi gypsum dari merk tertentu yang katanya tahan terhadap air.

3. PARTISI DARI KACA

Salah satu jenis material yang termasuk mahal dan cocok untuk desain ruangan minimalis serta modern. Kaca yang paling digunakan adalah kaca tempered yang tebal serta kuat.

Sifatnya yang transparan akan membuat ruangan tampak luas dan bersih. Jika ingin menggunakan material ini carilah jasa partisi kaca tamu yang profesional karena pemasangannya yang cukup sulit.

4. PARTISI DARI BESI

Anda bisa menggunakan partisi dari besi jika ingin sekat ruangan yang kokoh dan keuntungannya adalah besi akan memberikan kesan dingin pada ruangan dan cocok digunakan untuk desain rumah industrial.

Kebanyakan partisi besi yang digunakan memiliki motif yang unik sehingga berfungsi sebagai dekorasi ruangan. Kekurangannya Anda hanya perlu rutin melakukan finishing ulang supaya besi tidak berkarat.

 

Penyekat ruangan geser, Pintu Lipat Geser, Pintu Lipat Redam, Pintu Lipat Movable, Partisi Gerak Lipat, Partisi Ruangan Lipat